Teruntuk kamu kamu yang baru baru bersiap untuk menyabut fase yang bakal dialami oleh seluruh wanita didunia yaitu menstruasi. Maka bersiap-siap untuk tau sebuah fenoma yang terkadang muncul disela-sela proses terjadinya haid yaitu keputihan! Apa itu keputihan? Keputihan merupakan kondisi yang wajar dialami oleh semua perempuan termasuk saya sendiri selaku penulis juga pernah mengalaminya. Ketika seorang mengalami keputihan maka diarea vagina akan mengeluarkan cairan yang mirp sekali dengan lendir. Cairan yang dikeluarkan bukanlah cairan biasa, karena pada setiap cairan yang dikeluarkan mengandung sel yang mati serta bakteri berbahaya apabila tidak di keluarkan melalui vagina. Pada umumnya wanita normal mengalami keputihan mengeluarkan cairan berwarna putih atau bening. Secara sederhana agar keputihan tidak muncul atau terjadi ya dengan menjaga area kewanitaan tersebut agar tetap bersih dan sehat.

Cairan yang lengket ataupun encer tetap dianggap sebagai keputihan normal dengan di kondisi warna cairan tersebut berwarna bening atau ada juga yang berwarna putih susu. Dapat disimpulkan bahwa cairan saat keputihan berwarna putih susu atau bening dianggap normal serta tidak terdapat masalah terhadap tubuh.

Keputihan walaupun dianggap sebagai sesuatu yang normal tapi kehadirannya tetap saja menggangu kenyamanan pada area Miss V. Karena biasanya keputihan terjadi pada remaja yang minim pengalaman terhadap perawatan Miss V, banyak dari remaja tersebut mengalami risih karena tidak terbiasa akan lembab serta terkesan kotor dan bau. Di tambah lagi ketika warna cairan keputiha berubah-ubah warna kondisi ini membuat khawatir akan terjadinya sesuatu yang buruk jika pertama kali mengalaminya.

Setiap warna yang keluar dari vagina karena keputihan selalu menyampaikan pesan yang berbeda. Jadi tidak perlu panik serta khawatir, pahami maksud setiap warna cairan pada saat keputihan.

  1. Merah Kecoklatan

Apabila kamu menemukan kondisi pada masa keputihan dengan cairan kental berwarna agak kemerahan ini sebagai tanda-tanda bahwa tubuh sedanga menuju ke fase haid. Baik sebelum atau sesudah haid akan terdapat fleg. Namun apabila keputihan dengan warna merah agak kecoklatan terjadi dalam jangka waktu yang lama segera berkonsultasi kepada orang tua atau langsung segera konsultasi ke dokter terdekat dari kediaman anda.

  1. Putih Susu dan Bening

Keputihan dengan warna ini adalah sesuatu yang wajar ketika mengalami keputihan. Warna putih susu atau bening menandakan tubuh anda sedang berada kondisi baik-baik saja. Sehingga pada saat terjadi keputihan itu benar-benar proses keluarnya sel yang mati serta keluarnya bakterinya jahat dari tubuh dan menjadi alarm agar anda menjaga kesehatan Miss V.

  1. Abu-abu

Hati-hati jika mengalami keputihan lalu mengeluarkan cairan berwarna abu-abu. Ini bisa saja anda sedang terkena bakteri yang dikenal dengan Bacterial Vaginosis yang mana pada saat terkena bakteri ini selain cairan berwarna abu-abu tapi pada area vagina terasa gatal kemerahan.

Lambatnya penanganan pada saat keputihan dengan warna abu-abu dapat terjadinya kanker pada vagina.

Agar keputihan tidak muncul sama sekali, jagalah kesehatan serta kebersiha pada area intim agar tetap wangi serta sehat.